Istinsyaq dan Istintsar, 2 Metode Preventif dari Langit

Syariat Istinsyaq dan Istintsar

IstinsyaqIstinsyaq adalah menghirup air dengan kedua lubang hidung; Istinsyar adalah menghembuskan air dari lubang hidung. Keduanya adalah sunnah wudhu’ berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَنْشِقْ بِمَنْخِرَيْهِ مِنَ الْمَاءِ ثُمَّ لْيَنْتَثِرْ

Jika salah seorang di antara kalian berwudhu, maka hendaklah ia menghirup air ke lubang hidungnya (istinsyaq), lalu ia keluarkan (istintsar).” (HR. Muslim, no. 237).

Ketika berwudhu’, istinsyaq dan istintsar ini dilakukan setelah cuci tangan, bersamaan dengan atau setelah berkumur. Rasulullah pun menganjurkan agar saat istinsyaq, air dihirup sehingga mencapai pangkal hidung.

وَبَالِغْ فِي الِاسْتِنْشَاقِ إلَّا أَنْ تَكُونَ صَائِمًا

Hiruplah air dalam-dalam saat istinsyaq kecuali dalam keadaan berpuasa.” (HR. Abu Daud, no. 142; Ibnu Majah, no. 448; An-Nasa’i, no. 114. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

 

Hikmah Istinsyaq dan Istinsyar

Setiap item dari ajaran syariat diyakini memiliki hikmah yang agung, lahir dan batin, fisik dan psikis. Kali ini tulisan ini akan membahasa hikmah kesehatan fisik yang terkandung pada istinsyaq dan istintsar.

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan yang menyimpulkan bahwa istinsyaq dan istintsar memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan fisik manusia.

Dalam suatu artikel kesehatan di Detik.com dinatakan bahwa di dunia medis, proses istinsyaq dinamakan nasal irrigation, yaitu proses pencucian rongga hidung dari segala macam kotoran yang bersarang di dalamnya, mulai dari debu hingga bakteri.

Hal tersebut diperkuat oleh dr. Bagas Wicaksono SpTHT-KL dari RSIA Kemang Medical Care bahwa menghirup air ke dalam hidung dapat membantu membersihkan kuman, penyebab alergi, bakteri, bahkan virus dari hidung. Proses pembersihan itu terwujud jika air dihirup sampai ke pangkal hidung.

Lebih jauh lagi diungkapkan secara medis bahwa di pangkal hidung terdapat serabut halus yang berhubungan dengan syaraf dan otak. Cucian air saat istinsyaq dapat memberi stimulus kepada syaraf sehingga tetap awas.

Prof. Hembing seperti yang dilansir di eramuslim.com menambahkan bahwa selain sebagai indera penciuman, hidung juga memiliki fungsi sebagai alat penghangatan. Permukaan konka yang memiliki banyak kapiler darah menyebabkan udara yang masuk lewat rongga hidung akan dihangatkan. Proses istinsyaq sangat berperan dalam membersihkan permukaan kona tersebut.

Prof Hembing menegaskan bahwa banyak manfaat yang dapat dipetik dari istinsyaq dan istintsar. Setiap kali orang membersihkan dan membasuh hidung, maka kuman penyakit seperti sinusitis, influenza (pilek dan flu), bronchitis, dan lainnya akan hilang.

 

Pencegahan Covid-19

Sejak akhir tahun 2019 dan awal 2020 wabah yang disebabkan oleh virus Corona menyebar dari Wuhan Cina. Virus yang kemudian oleh World Health Organization (WHO) diberi nama Covid-19 tersebut menular tak terkendali ke beberapa negara dunia dalam waktu yang singkat. WHO pun akhirnya menetapkan penyakit akibat Covid-19 sebagai Global Pandemic. Semua negara yang rakyatnya tertuar wabah diminta melakukan lock-down, sehingga tidak ada lagi lalu lintas manusia keluar atau masuk negara-negara yang tertular untuk mengurangi tingkat penularannya.

Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah Anda.

Dalam press release resminya WHO menyebarkan himbauan tentang upaya pencegahan terhadap penularan virus Covid-19. Langkah utamanya adalah dengan sering membasuh tangan dan wajah, banyak minum dalam upaya membiarkan mulut dan pangkal tenggorokan ( daerah pertemuan antara tenggorokan dan kerongkongan) tetap dalam keadaan basah. Hal itu dikarenakan temuan bahwa virus Covid-19 tidak bisa bertahan lama di air dan di udara panas.

Mengamati himbauan yang dirilis oleh WHO sangat sejalan dengan hikmah istinsyaq dan istintsar: membersihkan rongga hidung sampai ke pangkalnya dari berbagai kotoran termasuk kuman, bakteri, dan virus; membersihkan permukaan konka sehingga bisa mendapatkan penghangatan yang maksimum bagi daerah di sekitar pangkal hidung dan kerongkongan; serta menambah tingkat kesehatan fisik secara umum yang dapat menghambat pertumbuhan virus Covid-19.

Jika kembali kepada keyakinan bahwa semua penyakit turun dari Allah dan semua virus adalah makhluk Allah, maka sangat tepatlah jika menggunakan pengobatan dan penangkalan penyakit yang turun dari Allah juga. Allah As-Syafi. Allah Zat Yang Mahamenyembuhkan. Istinsyaq dan istintsar adalah ajaran Allah yang diajarkan melalui Rasul-Nya.

Allahul musta’an.

Mari berbagi
  •  
  • 57
  •  
  •  
  •  
  •  
    57
    Shares
  • 57
    Shares
Komentar Anda: