Buku Catatan Amal #1: Kitabun Marqum

Buku Catatan Amal

Tadi ustadz bilang bahwa nanti di akherat setiap orang akan menerima buku catatan amalnya selama hidup di dunia. Kira-kira berapa besar buku yang akan diterima oleh seseorang jika umurnya di dunia sampai 80 tahun?

Hehehe…

 

Identifikasi Buku Catatan Amal

Kita identifikasi terlebih dahulu karakteristik dari buku catatan amal tersebut.

Pertama, dalam banyak ayat dan hadits ditegaskan bahwa buku tersebut akan mencatat seluruh amal perbuatan manusia selama hidupnya. Yang dimaksud adalah amal perbuatan yang dilakukan atas dasar kesadarannya sejak seseorang mencapai usia baligh. Untuk itu, semua amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia di luar kesadarannya dan sebelum usia baligh tidak dicatat, atau dalam bahasa hadits digunakan diksi RUFI’AL QOLAM.

Salah satu ayat yang menunjukkan pencatatan amal tersebut adalah Surat Al-Kahfi ayat 49:

وَوُضِعَ الْكِتٰبُ فَتَرَى الْمُجْرِمِيْنَ مُشْفِقِيْنَ مِمَّا فِيْهِ وَيَقُوْلُوْنَ يٰوَيْلَتَنَا مَالِ هٰذَا الْكِتٰبِ لَا يُغَادِرُ صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً اِلَّآ اَحْصٰىهَاۚ وَوَجَدُوْا مَا عَمِلُوْا حَاضِرًاۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ اَحَدًا ࣖ

Dan diletakkanlah kitab (catatan amal), lalu engkau akan melihat orang yang berdosa merasa ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata, “Betapa celaka kami, kitab apakah ini, tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya,” dan mereka dapati (semua) apa yang telah mereka kerjakan (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menzalimi seorang jua pun.

 

Karakter yang kedua adalah bahwa buku catatan amal tersebut seperti yang tersebut dalam Al-Qur’an surat Al-Muthaffifin 9 dan 20:

كِتٰبٌ مَّرْقُوْمٌۙ

Kitab yang berisi catatan (amal).

 

Diksi MARQUM yang digunakan mengandung beberapa makna, di antaranya adalah bahwa catatan yang tertulis sangat lengkap dan detail. Makna lain adalah mengandung angka.

Pemahaman mengandung angka ini menarik jika dikaitkan dengan inti pertanyaan di atas tentang besaran buku catatan amal. Untuk itu, sebelum melanjutkan bahasan tentang buku catatan amal perlu disisipkan disini penjelasan tentang teknologi informasi dan komunikasi secara sekilas.

 

Kapasitas Kartu Memori

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah sangat canggih. Kita mengenal komputer dengan berbagai aplikasi yang memberi bantuan besar pada hampir semua lini kehidupan. Kita memegang smartphone yang bisa digunakan untuk apa saja. Ada smartphone yang di dalamnya dapat dimasukkan kartu memori (memory card) yang ukurannya sangat kecil namun kapasitasnya sangat besar. Saat ini ada kartu memori berkapasitas 1 TB (Tera Byte).

1 TB = 1024 GB (Giga Byte)
1 GB = 1024 MB (Mega Byte)
1 MB = 1024 KB (Kilo Byte)
1 KB = 1024 byte
1 byte = 8 bit. Bit merupakan digit bilangan biner yang hanya terdiri dari dua digit: 1 dan 0.

Jadi 1 TB sama dengan 8,8 trilyun bit.

Dengan kapasitas 1 TB sebuah kartu memori yang seluas kuku jari kelingking bisa menampung sekitar 420 juta halaman buku atau sekitar 1 juta buku. Sumber hitungan dari www. bagitekno.net.

Katakanlah seseorang berusia 100 tahun, tidur 5 jam sehari sehingga masa tidurnya selama 21 tahun, berarti masa sadarnya selama 79 tahun, dikurangi masa sebelum baligh 9 tahun, sehingga masa pencatatan amal perbuatan selama 70 tahun atau selama 25.498 hari (1 tahun = 364,25 hari). Jika untuk mencatat amal perbuatan orang tersebut dibutuhkan 40 eksemplar buku dengan ketebalan 400 halaman per hari, maka buku yang dibutuhkan untuk mencatat amal perbuatan selama 70 tahun sebanyak 1.019.900 eksemplar. Ternyata amal perbuatan orang yang berusia 100 tahun tersebut muat ditampung dalam kartu memori berkapasitas 1 TB yang luasnya hanya seluas kuku jari kelingking.

Ukuran TB bukanlah ukuran tertinggi dalam teknologi komunikasi dan informasi. Masih ada ukuran PB (Peta Byte) = 1024 TB; ukuran EB (Exa Byte) = 1024 PB; ZB (Zetta Byte) = 1024 EB; dan YB (Yotta Byte) = 1024 ZB. Hanya saja, teknologi saat ini baru mampu menciptakan kartu memori dengan kapasitas 1 dan 2 TB.

Jika suatu kartu memori yang sudah berisi data dilihat isinya, akan tampak tulisan abjad, foto, suara, ataupun video. Namun bila diteropong lebih jauh maka isi dari kartu memori tersebut berupa deretan digit biner yang terdiri dari angka 1 dan 0 saja dengan kombinasi urutan yang beragam. Hanya angka 1 dan 0.

Fakta ini mendekati pemahaman tentang diksi MARQUM yang menyifati kata KITAB, yaitu buku catatan yang isinya adalah angka-angka.

 

Seberapa Besar Buku Catatan Amal?

Kembali ke pertanyaan awal: seberapa besar buku catatan amal yang akan diterima oleh seseorang? Kita bisa bayangkan berapa kecilnya buku tersebut..

Apakah buku tersebut berupa tumpukan lembaran kertas yang dijilid?

Mereka yang hidup masa kini dan sempat menikmati kemajuan teknologi informasi dan komunikasi akan tahu jawabannya.

 

Berlanjut ke Buku Catatan Amal #2: Rekam Jejak Digital

Taliwang, 11022020.

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Komentar Anda: